SILAHKAN ISI BUKU TAMU
BAGI TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG MOHON UNTUK KLICK "JOINT THIS SITE" DAN BERGABUNG PADA BLOG

Kamis, 13 September 2012

PRESEAN LOMBOK (THE REAL TRADITONAL LOMBOK)


Presean adalah Budaya Simbol Kejantanan  Pemuda Suku Sasak di Pulau Lombok.

Acara ini berupa pertarungan dua lelaki Sasak bersenjatakan tongkat rotan atau biasa disebut peyalin serta berperisai kulit kerbau tebal dan keras yang biasa di sebut dengan ende.
petarung biasa di sebut dengan pepadu dan wasit pinggir disebut pakembar sedi dan wasit tengah disebut pekembar.


Lihat Video Nya Disini...

Presean ini bermula hanya upacara adat dari luapan emosi para prajurit jaman kerajaan dulu sehabis mengalahkan lawan di medan perang. Presean ini sudah di kenal dengan masyrakat sejak lama, Hingga akhirnya dilestarikan sampe sekarang ini menjadi hiburan perayaan yang diadakan setiap Bulan agustus. Presean ini sangat unik ketika di padukan gaya bela diri yang di pragakan oleh para pepadu.
Hanya mengunakan celana/sarung tanpa baju dan sebuah rotan di tangan kanan serta sebuah perisai yang terbuat dari kulit binatang di tangan kiri, dua orang pemuda yang berada di hadapan ratusan penonoton saling mengadu kejantanannya. Sambil menari-nari di iringi dengan music gamelan (music lombok) kedua pepadu saling menghalau lawan dengan penyalen tanpa rasa cemas atau takut. “( dengan lombok uwah aran, anuk sakti.. aneh gamak aneh )” Uniknya Presean ini para peserta tidak pernah disiapkan, para penonton pun bisa ikut serta mengambil alih menjadi seorang petarung..
Aturan maennya juga tidak mbuat para petarung bngung, hanya tidak boleh memukul bagian bawah perut. Kalau pepadu(petarung) kena kepala sampai bocor berarti dianggap K.O.
pertandingan tidak boleh di lanjutkan lagi kalao pepadu(petarung) mengeluarkan darah. walaupun pepadu tidak mau menyerah..
Hadiah yang di perebutkan tidak seberapa kalao di bandingkan dengan lukanya..
Tapi banyak juga pemuda yang ikut ambil alih dalam pertandingan ini..




Rabu, 12 September 2012

Modul Ulumul Quran ma rroan uraara 2


  !li bin al Madini ( wafat %.- ) ) guru Bukhari, menyusun karangannya mengenai
asbabun nuzul
  !bu '#baid al Qasim bin Salam ( wafat %%- ) ) menulis tentang "asikh Mansukh
dan qira'at.
  $bn Qutaibah ( wafat %FE ) ) menyusun tentang problemaIka Quran ( musykilatul
quran ). 
9.  Ulama Abad Ke-: 8ijri
  Muhammad bin Khalaf bin Marzaban ( wafat .&H ) ) menyusun al- 8awi fa 'Ulumil
Qur'an.
  !bu muhammad bin Qasim al !nbari ( wafat FD, ) ) juga menulis tentang ilmu-ilmu qur'an.
  !bu Bakar !s Sijistani ( wafat ..& ) ) menyusun Garibul Qur'an. 
  Muhammad  bin  !li  bin  al-!dfawi  ( wafat  .''  )  ) menyusun al  Istigna'  fi  'Ulumil
Qur'an. 
6.  Ulama Abad Ke-< dan setelahnya 
  !bu Bakar al Baqalani ( wafat -&. ) ) menyusun $'jazul Qur'an, 
  !li bin $brahim bin Sa'id al )uJ ( wafat -.& ) )menulis mengenai $'rabul Qur'an. 
  !l  Mawardi  (  wafat  -D&  )  )  menegenai  tamsil-tamsil dalam  Qur'an  (  '!msalul
Qur'an ). 
  !l $zz bin !bdussalam ( wafat EE& ) ) tentang majaz dalam Qur'an.
  '!lamuddin  !skhawi  (  wafat  E-.  )  )  menulis  mengenai  ilmu  Qira'at  (  cara
membaca Qur'an ) dan !qsamul Qur'an. 

d.  Mulai  pembukuan  secara  khusus  Ulumul  !uran  dengan  mengumpulkan  cabang-cabangnya.

  Pada  masa  sebelumnya,  ilmu-ilmu  al-quran  dengan  berbagai  pembahasannya di  tulis
secara khusus dan terserak, masing-masing dengan judul kitab tersendiri. Kemudian, mulailah
masa  pengumpulan  dan  penulisan  ilmu-ilmu  tersebut  dalam  pembahasan  khusus  yang
lengkap,  yang  dikenal  kemudian  dengan  #lumul  Qur'an.  Di  antara  ulama-ulama  yang
menyusun secara khusus ulumul quran adalah sebagai berikut :

Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
 ,.  !li  bin  $brohim  Said  (..&  ))  yang  dikenal  dengan al  Hufi  dianggap  sebagai  orang
pertama yang membukukan '#lumul Qur'an, ilmu-ilmu Qur'an.
%.  $bnul  auzi ( wafat DHF ) ) mengikuInya dengan menulis sebuah kitab berjudul fununul
Afnan fi 'Aja'ibi 'ulumil Qur'an. 
..  Badruddin az-Zarkasyi ( wafat FH- ) ) menulis sebuah kitab lengkap dengan judul Al-Burhan fii ulumilQur`an . 
-.   alaluddin !l-Balqini (wafat '%- )) memberikan beberapa tambahan atas !l-Burhan di
dalam kitabnya Mawaaqi`ul u`luum min mawaaqi`innujuum. 
<.   alaluddin  !s-SuyuI  (  wafat  H,,  )  )  juga  kemudian  menyusun  sebuah  kitab  yang
terkenal Al-Itqaan fii u`luumil qur`an. 

Catatan  :    kitab  !l-Burhan  (  Zarkasyi)  dan  !l-$tqon  (  !s-Suyuti)  hingga  hari  ini  masih  dikenal
sebagai referensi induk ( terlengkap dalam masalah #lumul Qur'an. Tidak ada peneliti tentang
ulumul quran, kecuali pasti akan banyak menyandarkan tulisannya pada kedua kitab tersebut.

E.  ULUMUL !UR'AN MASA MODERN / KONTEMPORER

  Sebagaimana  pada  periode  sebelumnya,  perkembangan  ulumul  quran  pada  masa
kontemporer ini juga berlanjut seputar penulisan sebuah metode atau cabang ilmu !l-Quran
secara  khusus  dan  terpisah,  sebagaimana  ada  pula  yang  kembali  membali  menyusun  atau
menyatukan cabang-cabang ulumul quran dalam kitab tersendiri dengan penulisan yang lebih
sederhana dan sistematis dari kitab-kitab klasik terdahulu. 
 Kitab  yang  terbit  membahas  khusus  tentang  cabang-cabang  ilmu  !uran  atau
pembahasan khusus tentang metode penafsiran Al-!uran di antaranya :
 a.  Kitab i`jaazul quran yang ditulis oleh Musthafa Shadiq !r-Rafi`i, 
b.  Kitab !t-Tashwirul fanni fiil qu`an dan masyaahidul qiyaamah fil qur`an oleh Sayyid
Qutb,
c.  Tarjamatul  qur`an  oleh  syaikh  Muhammad  Musthafa  !l-Maraghi  yang  salah  satu
pembahasannya ditulis oleh Muhibuddin al-hatib, 
d.  Masalatu tarjamatil qur`an Musthafa Sabri, 
e.  !n-naba`ul adziim oleh DR Muhammad !bdullah Daraz dan 
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
 f.  Muqaddimah tafsir Mahaasilu ta`wil oleh  amaluddin !l-qasimi. 
 &.  Kitab yang membahas secara umum ulumul quran dengan sistematis, diantaranya :
 a.  Syaikh  Thahir  !l-jazaairy  menyusun  sebuah  kitab  dengan  judul At-tibyaan  fii
u`luumil qur`an.
b.  Syaikh Muhammad !li Salamah menulis pula Manhajul furqan fii u`luumil qur`an
yang  berisi  pembahasan  yang  sudah  ditentukan  untuk fakultas  ushuluddin  di
Mesir  dengan  spesialisasi  da`wah  dan  bimbingan  masyarakat  dan  diikuti  oleh
muridnya, 
c.  Muhammad !bdul a`dzim az-zarqani yang menyusun Manaahilul i`rfaan fii u`lumil
qur`an.
d.  Syaikh  !hmad  !li  menulis muzakkiraat  u`lumil  qur`an  yang  disampaikan  kepada
mahasiswanya di fakultas ushuluddin jurusan dakwah dan bimbingan masyarakat. 
e.  Kitab Mahaabisu fii u`lumil qur`an oleh DR Subhi !s-Shalih.
 Pembahasan tersebut dikenal dengan sebutan u`luumul qur`an, dan kata ini kini telah menjadi
istilah atau nama khusus bagi ilmu-ilmu tersebut. 
 Catatan : Kitab Mabahitsul Quran yang ditulis Manna'ul Qattan ini juga termasuk kitab ulumul
quran  kontemporer  yang  banyak  mendapat  sambutan  di universitas-universitas  di  Timur
Tengah  dan  Dunia  $slam  pada  umumnya.  Kitab  ini  juga  dijadikan  modul  untuk  perkuliahan
#lumul Quran semester , di #niversitas $nternaIonal !frika, Khartoum Sudan, sebagai Mata
Kuliah #mum untuk semua mahasiswa di berbagai jurusannya.
 Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
 Tentang Al-!uran
Kode : #Q(!(&%
 Pokok-pokok Materi
,.  Pengertian( Definisi !l-Quran
%.  "ama dan Sifat !l-Quran
..  Perbedaan !l-Quran dengan )adits "abawi dan Qudsi
-.  Karakteristik !l-Quran

#.  PENGERTIAN / DEFINISI AL-!URAN

Pengertian  !l-Quran  meliputi  dua  hal,  yaitu  secara bahasa  dan  secara  istilah,  masing-masing
sbb :

a.  Pengertian Al-Quran secara bahasa
  Lafadzh Qara`a mempunyai arti mengumpulkan dan menghimpun, dan qira`ah berarti
menghimpun  huruf-huruf  dan  kata-kata  satu  dengan  yang  lain  dalam  suatu  ucapan  yang
tersusun  rapih.  Qur`an  pada  mulanya  seperti qira`ah ,  yaitu  masdar  (infinitif) dari  kata qara`
qira`atan, qur`anan. Sebagaimana dalam firman !llah SWT : 
ِArtinya  :  "Sesungguhnya  atas  tanggungan  Kamilah  mengumpulkannya  dan  membacanya.
Apabila  Kami  telah  selesai  membacakannya  maka  ikutilah  bacaannya  itu`.  (Al;-iyaQur`anah berarti qiraatun (bacaannya/cara ebacanya@. Jadi kata itu adala asdar

Modul Ulumul Quran ma rroan uraara


Pengantar Ulumul !uran
Kode : #Q(!(&,
Pokok-pokok Materi :
,.  Pengertian #lumul Quran
%.  *bjek Pembahasan #lumul-Quran
..  Sejarah & Perkembangan #lumul Quran
#.  PENGERTIAN ULUMUL !URAN
  Kata  u`lum  jamak  dari  kata  i`lmu.  i`lmu  berarti al-fahmu  wal  idraak  (faham  dan
menguasai). Kemudian arti kata ini berubah menjadi permasalahan yang beraneka ragam yang
disusun secara ilmiah. 
   adi,  yang  dimaksud  dengan  u`luumul  qu`ran  ialah  ilmu  yang  membahas  masalah-masalah yang berhubungan dengan !l-Quran dari segi asbaabu nuzuul."sebab-sebab turunnya
al-qur`an",  pengumpulan  dan  penertiban  Qur`an,  pengetahuan  tentang  surah-surah  Mekah
dan Madinah,!n-"asikh wal mansukh, !l-Muhkam wal Mutasyaabih dan lain sebagainya yang
berhubungan dengan Qur`an.
  Terkadang  ilmu  ini  dinamakan  juga  ushuulu  tafsir  (dasar-dasar  tafsir)  karena  yang
dibahas  berkaitan  dengan  beberapa  masalah  yang  harus  diketahui  oleh  seorang  Mufassir
sebagai sandaran dalam menafsirkan Qur`an . 
&.  OBJEK PEMBAHASAN ULUMUL !URAN
*bjek Pembahasan #lumul Qur'an dibagi menjadi tiga bagian besar :
a.  Sejarah & Perkembangan Ulumul Qur'an ,
meliputi : sejarah rintisan ulumul quran di masa Rasulullah S!W, Sahabat, Tabi'in, dan
perkembangan  selanjutnya  lengkap  dengan  nama-nama  ulama  dan  karangannya  di
bidang ulumul quran di setiap zaman dan tempat.
b.  Pengetahuan tentang Al-Quran .
Meliputi  :  Makna  Quran,  Karakteristik  !l-Quran,  "ama-nama  al-Quran,  Wahyu,
Turunnya !l-Quran, !yat Mekkah dan Madinah, !sbabun "uzul, dst.
c.  Metodologi Penafsiran Al-Quran
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
Meliputi  :  Pengertian  Tafsir  &  Takwil,  Syarat-syarat  Mufassir  dan  !dab-adabnya,
Sejarah  &  Perkembangan  ilmu  tafsir,  Kaidah-kaidah  dalam  penafsiran  !l-Quran,
Muhkam & Mutasyabih, !am & Khoos, "asikh wa Mansukh, dst.
'.  SEJARAH & PERKEMBANGAN ULUMUL !URAN :
Sejarah  perkembangan  ulumul  quran  dimulai  menjadi  beberapa  fase,  dimana  tiap-tiap  fase
menjadi  dasar  bagi  perkembangan  menuju  fase  selanjutnya,  hingga  ulumul  quran  menjadi
sebuah  ilmu  khusus  yang dipelajari  dan  dibahas  secara  khusus  pula.  Berikut  beberapa  fase (
tahapan perkembangan ulumul quran.
A.  ULUMUL !URAN pada MASA RASULULLAH SAW   
Embrio  awal  ulumul  quran  pada  masa  ini  berupa  penafsiran  ayat  !l-Quran  langsung  dari
Rasulullah  S!W  kepada  para  sahabat,  begitu  pula  dengan  antusiasime  para  sahabat  dalam
bertanya tentang makna suatu ayat, menghafalkan dan mempelajari hukum-hukumnya. 
a.  Rasulullah S!W menafsirkan kepada sahabat beberapa ayat.
Dari  #qbah  bin  !mir  ia  berkata  :  " aku  pernah  mendengar  Rasulullah  SAW  berkata
diatas  mimbar,  "dan  siapkan  untuk  menghadapi  mereka  kekuatan  yang  kamu
sanggupi )Anfal *+, -, ingatlah bahwa kekuatan disini adalah memanah" ()R Muslim)
b.  !ntusiasme sahabat dalam menghafal dan mempelajari !l-Quran. 
Diriwayatkan  dari  !bu  !bdurrrahman  as-sulami,  ia  mengatakan  :  " mereka  yang
membacakan qur'an kepada kami, seperti Ustman bin Affan dan Abdullah bin Mas'ud
serta  yang  lain  menceritakan,  bahwa  mereka  bila  belajar  dari  Nabi  sepuluh  ayat
mereka  tidak  melanjutkannya,  sebelum  mengamalkan  ilmu  dan  amal  yang  ada
didalamnya,  mereka  berkata  'kami  mempelajari  qur'an  berikut  ilmu  dan  amalnya
sekaligus.'" 
c.  Larangan  Rasulullah  S!W  untuk  menulis  selain  qur'an,  sebagai  upaya  menjaga
kemurnian !lQuran.
Dari  !bu  Saad  al-  Khudri,  bahwa  Rasulullah  S!W  berkata: Janganlah  kamu  tulis  dari
aku; barang siapa menuliskan aku selain qur'an, hendaklah dihapus. Dan ceritakan apa
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
yang dariku, dan itu tiada halangan baginya, dan barang siapa sengaja berdusta atas
namaku, ia akan menempati tempatnya di api neraka."()R Muslim)
B.  ULUMUL !URAN MASA KHALIFAH 
 Pada  masa  khalifah,  tahapan  perkembangan  awal  (embrio)  ulumul  quran  mulai  berkembang
pesat, diantaranya dengan kebijakan-kebijakan para khalifah sebagaimana berikut :
a.  Khalifah  Abu  Bakar  :dengan Kebijakan Pengumpulan(Penulisan !l-Quran yg pertama
yang diprakarsai oleh #mar bin Khottob dan dipegang oleh Zaid bin Tsabit
b.  Kekhalifahan  Usman  Ra  :  dengan  kebijakan  menyatukan  kaum  muslimin  pada  satu
mushaf, dan hal itupun terlaksana. Mushaf itu disebut mushaf $mam. Salinan-salinan
mushaf  ini  juga  dikirimkan  ke  beberapa  propinsi.  Penulisan  mushaf  tersebut
dinamakan  ar-Rosmul  '#smani  yaitu  dinisbahkan  kepada  #sman,  dan  ini  dianggap
sebagai permulaan dari ilmu Rasmil Qur'an. 
c.  kekalifahan  Ali  Ra  *dengan  kebijakan  perintahnya  kepada    !bu  'aswad  !d-Du'ali
meletakkan  kaidah-kaidah  nahwu,  cara  pengucapan  yang  tepat  dan  baku  dan
memberikan ketentuan harakat pada qur'an. $ni juga disebut sebagai permulaan Ilmu
I'rabil Qur'an. 
C.  ULUMUL !URAN MASA SAHABAT & TABI'IN
a.  Peranan Sahabat dalam Penafsiran Al-Quran & Tokoh-tokohnya
  Para  sahabat  senantiasa  melanjutkan  usaha  mereka  dalam  menyampaikan  makna-makna  al-qur'an  dan  penafsiran  ayat-ayat  yang  berbeda  diantara  mereka,  sesuai  dengan
kemampuan  mereka  yang  berbeda-beda  dalam  memahami  dan  karena  adanya  perbedaan
lama  dan  tidaknya  mereka  hidup  bersama  Rasulullah  S!W  ,  hal  demikian  diteruskan  oleh
murid-murid mereka , yaitu para tabi'in. 
  Diantara para Mufasir yang termashur dari para sahabat adalah: 
,.  Empat orang Khalifah ( !bu Bakar, #mar, #tsman dan !li )
%.   $bnu Masud, 
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
..  $bnu !bbas, 
-.  #bai bin Kaab, 
D.  Zaid bin sabit, 
E.  !bu Musa al-!sy'ari dan 
F.  !bdullah bin Zubair. 
Banyak riwayat mengenai tafsir yang diambil dari !bdullah bin !bbas, !bdullah bin Masud dan
#bai  bin  Kaab,  dan  apa  yang  diriwayatkan  dari  mereka  tidak  berarti  merupakan  sudah  tafsir
Quran  yang  sempurna.  Tetapi  terbatas  hanya  pada makna  beberapa  ayat  dengan  penafsiran
apa yang masih samar dan penjelasan apa yang masih global. 

a.       Peranan Tabi'in dalam penafsiran Al-Quran & Tokoh-tokohnya
Mengenai para tabi'in, diantara mereka ada satu kelompok terkenal yang mengambil
ilmu  ini  dari  para  sahabat  disamping  mereka  sendiri  bersungguh-sungguh  atau  melakukan
ijtihad  dalam  menafsirkan  ayat.  Yang  terkenal  di  antara  mereka  ,  masing-masing  sebagai
berikut :
,.  Murid  $bnu  !bbas  di  Mekah  yang  terkenal  ialah,  Sa'id  bin   ubair,  Mujahid,  'iKrimah
bekas sahaya ( maula ) $bnu !bbas, Tawus bin kisan al Yamani dan '!ta' bin abu Rabah. 
%.  Murid  #bai  bin  Kaab,  di  Madinah  :  Zaid  bin  !slam,  abul  !liyah,  dan  Muhammad  bin
Ka'b al Qurazi. 
..  !bdullah bin Masud di $raq yang terkenal :  '!lqamah bin Qais, Masruq al !swad bin
Yazid, '!mir as Sya'bi, )asan !l Basyri dan Qatadah bin Di'amah as Sadusi. 
Dan  yang  diriwayatkan  mereka  itu  semua  meliputi  ilmu  tafsir,  ilmu  Gharibil  Qur'an,
ilmu !sbabun "uzul, ilmu Makki Wal madani dan imu "asikh dan Mansukh, tetapi semua ini
tetap didasarkan pada riwayat dengan cara didiktekan. 
D.  MASA PEMBUKUAN "TADWIN$

Perkembangan selanjutnya dalam ulumul quran adalah masa pembukuan ulumul Quran , yang
juga melewati beberapa perkembangan sebagai berikut :
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
a.  Pembukuan Tafsir Al-!uran menurut riwayat dari Hadits, Sahabat & Tabi'in 
  Pada  abad  kedua  hijri  tiba  masa  pembukuan  (  tadwin  )  yang  dumulai  dengan
pembukuan hadist denga segala babnya yang bermacam-macam, dan itu juga menyangkut hal
yang  berhubungan  dengan  tafsir.  Maka  sebagian  ulama  membukukan  tafsir  Qur'an  yang
diriwayatkan dari Rasulullah S!W dari para sahabat atau dari para tabi'in. 
  Diantara  mereka  yang  terkenal  adalah,  Yazid  bin  )arun  as  Sulami,  (  wafat  ,,F  )  ),
Syu'bah bin )ajjaj ( wafat ,E& ) ), Waqi' bin  arrah ( wafat ,HF ) ), Sufyan bin 'uyainah ( wafat
,H' )), dan !burrazaq bin )ammam ( wafat ,,% ) ). 
  Mereka  semua  adalah  para  ahli  hadis.  Sedang  tafsir  yang  mereka  susun  merupakan
salah satu bagiannya. "amun tafsir mereka yang tertulis tidak ada yang sampai ketangan kita. 
b.  Pembukuan Tafsir berdasarkan susunan Ayat
  Kemudian langkah mereka itu diikuti oleh para ulama'. Mereka menyusun tafsir Qur'an
yang  lebih  sempurna  berdasarkan  susunan  ayat. Dan  yang  terkenal  diantara  mereka  ada Ibn
Jarir at 5abari ) wafat 67, 8 -. 
  Demikianlah  tafsir  pada  mulanya  dinukil  (  dipindahkan  )  melalui  penerimaan  (  dari
muluit  kemulut  )  dari  riwayat,  kemudian  dibukukan  sebagai  salah  satu  bagian  hadis,
selanjutnya ditulis secara bebas dan mandiri. Maka berlangsunglah proses kelahiran at Tafsir
bil Ma'sur ( berdasarkan riwayat ), lalu diikuti oleh at Tafsir bir Ra'yi ( berdasarkan penalaran ).
c.  Munculnya Pembahasan Cabang-cabang Ulumul !uran selain Tafsir 
  
  Disamping ilmu tafsir lahir pula karangan yang berdiri sendiri mengenai pokok-pokok
pembahasan  tertentu  yang  berhubungan  dengan  quran, dan  hal  ini  sangat  diperlukan  oleh
seorang mufasir, diantaranya :

7.  Ulama abad ke-6 8ijri 


MODUL ULUMUL QURAN


Ringkasan Praktis Sistematis dari Terjemahan 
Kitab " Mabahits Fi Ulumil Qur'an" karya Syeikh Manna'ul Qathan, 
dengan beberapa tambahan, catatan dan penyesuaian 
Penyusun :
Hatta Syamsuddin, Lc
PESANTREN MAHASISWA ARROYAN SURAKARTA
Modul Ulumul Quran PENGANTAR MODUL
lumul Qur'an adalah sebuah metode yang lengkap dan menyeluruh untuk membuka
pintu  awal  dari  kedalaman  kandungan  !l-Quran.  Karenanya,  umat  $slam  secara  umum,
ataupun  secara  khusus  bagi  mahasiswa  muslim  yang  merindukan  interaksi  lebih  mendalam
dengan !l-Quran, secara otomatis akan dituntut untuk mempelajari #lumul Quran. 
  #ntuk  menjawab  tuntutan  tersebut,  maka  sangat  dibutuhkan  pengajaran  #lumul
Quran pada mahasiswa muslim sebagai bekal awal dalam berinteraksi lebih lanjut dengan !l-Quran.    Sebuah  pengajaran  yang  sistematis,  sederhana  namun  tidak  kehilangan  inti
pembahasan ulumul quran.
  Modul  ini  adalah  salah  satu  usaha  riil  untuk  menjawab  tuntutan  tersebut,  sekaligus
sebagai  sebuah  bentuk  tanggung  jawab  saya  ketika  menyampaikan  materi  #lumul  Qur'an  di
kelas dirosah Pesantren Mahasiswa !r-Royan semester pertama ini. Bentuk tanggung jawab,
karena  saya  tidak  ingin  apa  yang  saya  sampaikan  dari  $lmu  yang  mulia  ini  hilang  begitu  saja
atau  disalah  pahami  oleh  mahasiswa,  hanya  karena  salah  dalam  mencatat,  atau  kurang
konsentrasi  di  perkuliahan.    Saya  mengharapkan,  modul  ini  tidak  sekedar  menjadi  teman
menjelang  ujian,  tapi  lebih  dari  itu  menjadi  amanah  bagi  para  santri(santriwati    untuk
dipahami, dikembangkan lalu  diajarkan di tengah masyarakat di kemudian hari.
  Modul ini sejujurnya hanya sekedar "ringkasan" dari sebuah Kitab #lumul Qur'an yang
terkenal  di  dunia  akademisi  di  Timur  Tengah,  yaitu Mabahits  fii  Ulumul  Qur'an  karya  Syeikh
Manna'ul  Qatthan,  yang  penyusun  berkesempatan  mempelajarinya  di  semester  pertama
perkuliahan  di  Sudan.  !walnya  saya  ingin  menyarankan  agar  para  santri  menggunakan
terjemahan  buku  ini  sebagai  rujukan  utama  di  mata  kuliah  #lumul  Qur'an  ini,  namun  saya
menyadari  dari  sisi  biaya  yang  cukup  merepotkan,  plus  bahasa  terjemahan  yang  terkadang
membingungkan,  belum  lagi  gaya  bahasa  khas  timur  tengah  yang  panjang  dan  naratif,
membuat  saya  berpikir  bahwa  para  santri  akan  kerepotan.  !palagi  jika  melihat  kesibukan
mereka  juga  di  perkuliahan  umumnya  sehari-hari.  Maka  akhirnya  muncullah  ide  untuk
membuat  ringkasan  dari  terjemahan  Kitab  tersebut,  tentu  saja  ditambah  beberapa  catatan,
tambahan dan penyesuaian yang didapat dari referensi #lumul Quran yang lain. 
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
   !khirnya, terima kasih penyusun ucapkan terima kasih pada segenap jajaran pimpinan
dan  pengurus  Pesma  !rroyan  atas  kerja  sama  dan  kepercayaannya  selama  ini,  juga  kepada
seluruh  santri(santriwati  yang  selalu  memberi  inspirasi  dan  motivasi  bagi  penyusun  untuk
terus  berkarya.  Modul  ini  bisa  digandakan  sebanyak mungkin,  dan  tidak  untuk  dijualbelikan.
Penyusun  akui,  karena  terbatasnya  waktu  maka  masih banyak  "PR"  di  kemudian  hari  untuk
menyempurnakan  Modul  ini.  Segala  kritik  dan  saran  bisa  di  kirimkan  ke
ibnu_kamal@yahoo.com.
 Solo, .&  anuari %&&'
 Hatta Syamsuddin, Lc
www.hattasyamsuddin.blogspot.com
 Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
SILABUS MATERI
ULUMUL !URAN "#$
NO  TEMA  POKOK-POKOK MATERI
Pengantar 
#lumul Quran
a.  !rti #lumul Quran
b.  Sejarah dan Latar Belakang
c.  Perkembangan #lumul Quran
d.  *bjek Pembahasan #lumul Quran :
&  Tentang !l-Quran
a.  Makna !l-Quran
b.  "ama dan Sifat-sifat !l-Quran
c.  Perbedaan dengan )adits "abawi ,)adits Qudsi
d.  Karakteristik !l-Quran
'  Mukjizat !l-Quran
a.  Pengertian $'jaz dan Mukjizat
b.  Pembagian  enis Mukjizat
c.  Perbedaan !l-Quran dengan Mukjizat Lainnya
d.  Sisi Mukjizat !l-Quran
(  Tentang Wahyu
a.  Pengertian Wahyu
b.  Proses turunnya wahyu !llah pada Rasul-"ya
c.  Proses turunnya wahyu melalui  ibril as
d.  Tuduhan orientalis seputar wahyu dan bantahannya
)  Turunnya !l-Quran
a.  Tahapan turunnya !l-Quran 
b.  )ikmah turunnya !l-Quran secara berangsur-angsur
*
!yat Mekah dan
Madinah
a.  Pengertian dan Perbedaan 
b.  Kekhususan dan ciri-ciri ayat Makkiyah& Madaniyah
c.  )ikmah(Manfaat mengetahui Makkiyah &
Madaniyah Yang Pertama dan
Terakhir turun dari !l-Quran
a.  !yat yang pertama turun dan perbedaan pendapat 
b.  !yat yang terakhir turun dan perbedaan pendapat 
c.  )ikmah dan manfaat dari pembahasan ini
,  !sbabun "uzuul
a.  Pengertian asbabun nuzul 
b.  Metode mengetahui asbabun nuzul
c.  )ikmah mengetahui asbabun nuzul
d.  Berbagai permasalahan berkaitan asbabun nuzul
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
-  Pengumpulan !l-Quran 
a.  Pengertian  am'ul Quran
b.  Tiga Tahapan Pengumpulan !l-Quran 
c.  Penertiban !yat dan Surat
#.
Turunnya !l-Quran
dengan Tujuh )uruf
a.  Latar Belakang Pembahasan
b.  Dalil diturunkannya !l-Quran dengan tujuh )uruf
c.  Perbedaan pendapat ulama seputar pengertian
tujuh huruf
d.  )ikmah dari turunnya !l-Quran dengan tujuh huruf
##
Qiroat (Tata Baca) !l-Quran dan para !hlinya 
a.  Pengertian Qiroat
b.  Sejarah & Perkembangan $lmu Qiroat
c.  Macam-macam Tata Baca (Qiroat) !l-Quran 
d.  Profil Tujuh Qurro' yang Masyhur
e.  )ikmah keragaman Qiroat !l-Quran
#&
Tajwid dan !dab
Tilawah
a.  Pengantar Singkat $lmu Tajwid 
b.  Kesalahan dalam Praktek Tajwid
c.  Keutamaan Tilawah 
d.  !dab Tilawah 

Mata Kuliah: ULUMUL QUR’AN


kode Mata Kuliah: INK 1005
Mata Kuliah: ULUMUL QUR’AN
Komponen: MKK
Fakultas: Tarbiyah
Jurusan/Prodi: tarbiyah/PAI
Program: Strata Satu (S1)
Semester: Ganjil 2012/2013
Bobot SKS: 2

Dosen: H.M.ZUBAIDI S.Ag M.Pd.I
HP.: 081907161237

A. Tujuan

Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang seluk beluk al-Qur’an sebagai sumber utama agama Islam dan hal-hal yang berkaitan dengan latar belakang dan cara al-Qur’an diwahyukan, penyampaian, pengumpulan, dan pembukuannya, serta memahami prinsip-prinsip dasar Ulumul Qur’an sebagai pedoman untuk mengkaji isi kandungan al-Qur’an secara keseluruhan.

B. Topik Inti
1.      Ululmul Qur’an dan Sejarahnya
a.       Pengertian Ulumul Qur’an dan Cakupan Bahasannya
b.      Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Ulumul Qur’an
c.       Penulisan Kitab-Kitab Ulumul Qur’an
d.      Metode Ulumul Qur’an
e.       Tujuan Ulumul Qur’an
2.      Al-Qur’an dan Aspek-Aspeknya
a.       Pengertian al-Qur’an
b.      Nama-nama al-Qur’an
c.       Perbedaan antara al-Qur’an, Hadits Qudsi, dan Hadits Nabawi
d.      Cakupan Kandungan al-Qur’an

3.      Wahyu: Cara Diturunkan dan Penyampaiannya
a.       Pengertian Wahyu
b.      Macam-macam Wahyu
c.       Cara Penyampaian Wahyu
d.      Hubungan Akal dan Wahyu

4.      Sejarah Nuzulul Qur’an
a.       Pengertian Nuzulul Qur’an
b.      Sejarah Nuzulul Qur’an
c.       Hikmah Diturunkan al-Qur’an secara Gradual
d.      Al-Qur’an pada Masa Nabi Muhammad SAW
e.       Al-Qur’an pada Masa Khulafa’ur Rasyidin
5.      Ilmu Asababun Nuzul
a. Pengertian Asbabun Nuzul
b. Fungsi Asbabun Nuzul dalam Memahami al-Qur’an
c. Klasifikasi Asbabun Nuzul Ayat dan Contohnya
d. Aneka Riwayat tentang Sebab Turunnya Satu Ayat
6.       Ilmu Nasikh dan Mansukh
a. Pengertian Nasikh dan Mansukh
b. Klasifikasi Nasikh dan Mansukh
c. Perbedaan antara Nasikh dan Takhshish
d. Perbedaan Pendapat tentang Ayat-ayat Mansukh
7.      Ilmu Makki dan Madani
a. Pengertian Makki dan Madani
b. Contoh Ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah
c. Perbedaan antara Ayat Makkiyah dan Madaniya
8.       Ilmu Fawatihus Suwar
a. Pengertian Fawatihus Suwar
b. Macam-macam Fawatihus Suwar
c. Kedudukan Fawatihus Suwar
d. Pendapat Ulama tentang Huruf Fawatihus Suwar
9.      Ilmu Muhkam dan Mutasyabih
a. Pengertian Muhkam dan Mutasyabih
b. Sebab-sebab Terjadinya Tasyabuh dalam al-Qur’an
c. Pandangan dan Sikap Ulama tentang Ayat-ayat Mutasyabihat
10.  Ilmu Munasabah
a. Pengertian Munasabah
b. Pokok Bahasan Munasabah
c. Macam-macam Munasabah
d. Kegunaan Ilmu Munasabah
11.   Ilmu I’jazil Qur’an
a. Pengertian I’jaz dan Mu’jizat
b. Tujuan I’jazil Qur’an dan Sejarahnya
c. Macam-macam I’jazil Qur’an
d. Segi-segi I’jazil Qur’an
12.   Ilmu Amtsalil Qur’an
a. Pengertian Amtsalil Qur’an
b. Unsur-unsur Amtsalil Qur’an
c. Macam-macam Amtsalil Qur’an
d. Sighat Amtsalil Qur’an
e. Kegunaan Amtsalil Qur’an
13.  Ilmu Qashashil Qur’an
a. Definisi Qashashil Qur’an
b. Macam-macam Qashashil Qur’an
c. Manfaat Qashashil Qur’an
d. Pengulangan Kisah dalam al-Qur’an dan Hikmahnya
e. Bantahan terhadap Kritikan Orientalis
14.  Ilmu Aqsamil Qur’an
a. Definisi Aqsamul Qur’an dan Unsur-unsurnya
b. Macam-macam Aqsamul Qur’an
c. Shighat Aqsamil Qur’an
d. Tujuan dan Hikmah Aqsamul Qur’an
15.   Ilmu Qira’ah
a. Pengertian Qir’ah, Qurra’ dan Sejarahnya
b. Syarat-syarat Diterimanya Qira’ah
c. Macam-macam Qira’atil Qur’an
d. Pendapata para Ulama tentang Qira’ah
e. Manfaat Berpedoman pada Qira’ah Shahihah
16.   Ilmu Tafsiril Qur’an
a. Pengertian Tarjamah, Tafsir dan Ta’wil
b. Sejarah Ilmu Tafsir
c. Urgensi Ilmu Tafsir
d. Syarat-syarat Mufassir
e. Kode Etik Mufassir
f. Metode-metode Tafsir al-Qur’an
g. Penyimpangan dalam Penafsiran al-Qur’an
h. Mazhab-mazhab dalam Tafsir al-Qur’an
i. Kitab-kitab Tafsir dan Corak Pendekatannya

C. Referensi

1. Subhi al-Shalih, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an.
2. Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an.
3. Al-Zarkasyi, al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur’an.
4. Al-Dzahabi, al-Tafsir wa al-Mufassirun.
5. Muhammad Mutawalli, Mu’jizat al-Qur’an.
6. Al-Zarqani, Manahil ‘Irfan fi ‘Ulum al-Qur’an.
7. Manna’ Khalil al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an
8. Thameem Ushama, Methodologies of the Qur’anic Exegesis.
9. Ziauddin Ahmad, The Science of Qur’anic Exegesis.
10. Ahmad Deedat, Al-Qur’an: The Ultimate Miracle.
11. Ignaz Goldziher, Madzahib al-Tafsir al-Islami.
12. M.M. Ahsan, The Qur’an and the Orientalists.
13. Abdul Djalal, Ulumul Qur’an.
Di sampaikan pada materi kuliah semester ganjil tahun akademik 2012/2013 jurusan Tariyah PAI /I E,D,F diharap bg mahasiwa membagi kelompok sebanyak 16 kelompok, 

CURICULUM VITAE


 H.M.ZUBAIDI, S.Ag.M.Pd.I
 
Cp.          : O819O7161237.
                : 082147932035.
Email       : http/h.zubaidi70@yahoo.co.id
                : Http/dpc@yahoo.com
Alamat     : Jln. Tgh.A.Mursyid, Perampuan Labuapi LOBAR, NTB.

Propesi:  Akademisi/politisi/pengusaha

Pengalaman organisasi:
Ø Ketua PMII Kom.IAIN  Mataram1997 1998
Ø Ketua  PC PMII mataram 1998-1999
Ø Ketua FKMTI NTB 1997-1999
Ø Mabincab PC PMII Matarm 2003-2011
Ø Mabinda PKC PMII NTB 2011-sekarang
Ø Presiden mahasiswa IAIN Mataram 1999-2000
Ø Sekretaris Bem Fak Trbiyah IAIN Mataram 1997-1998
Ø Ketua FORLIGA NTB lintas genersai muda
Ø Ketua Umm IMANI dll

Riwayat pekerjaan
Ø Dosen luar biasa IAIN mataram 2001-2005
Ø Dosen luar biasa IAIN mataram 2008-sekarang
Ø Dosen luar biasa  STATIA al-amin Kediri Lobar
Ø Dosen luar biasa IAIH pancor 2002- 2004
Ø Dosen luar biasa STAIQ bagu loteng
Ø Purek 1 UGR. Univercitas Giri Menang Lobar.2003
Ø Dosen luar biasa  STIT al-Mustaqim Negara Jemberane bali 1999-2005
Ø Dirut NPM Motor
Ø Pengurus dan kader Partai
Misi Diplomasi….
Ø Pelatihan  Kepemimpinan Nasional , malang dan kjakarta
Ø Pelatihan kader Nasional Jakarta, Bogor,  Bandung, padang  semarang, bali
Ø Pelatihan Kepemimpinan kaum muda di aceh nangro aceh Darussalam Dsb
Ø Platihan penyusunan anggaran pro rakyat di sura baya dan mataram
Ø Pelatihan kepemimpinann kaum muda di aceh nangro aceh Darussalam, wakil NTB
Ø Temu karya Senat mahasiswa/BEM DEMA , PTN –PTS se-Indonesia, Jakarta 1999, Dll

Karya Ilmiah/buku
Ø Reorientasi Visi Misi generasi muda dalam pembangunan masyarakat.
Ø Modul Ilmu dan sastra Arab dan pengembangan di perguruan tinggi Negeri swasta
Ø Pradigma pendidikan Islam  terhadap telaah sistim pendidikan nasional
Ø Pemberdayaan usaha kecil  menengah dan koprasi sebuah agenda penting yang terlupakan Dsb
Visi
Mewujudkan Peran DPRD sebagai pintu komonikasi rakyat-pemerintah yang responsive dan terbuka
Tercapainya kehidupan berbangsa dan bernegara yang bersatu dalam membangun
Misi
Terciptanya sistem pemerintahan  yang bersih dan terbuka dengan melibatkan partisipasi rakyat dalam proses pembangunan (partisipatori Action Building) menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dengan baik dan benar
Agenda kerja
Mewujudkan keterbukaan informasi Publik (rakyat )
Nasionalisasi Aset-aset daerah
Memperjuangkan Pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.

Riwayat Keluarga
Nama Ayah             : H. Abd Rachim ( al-Marhm)
Nama Ibu                                : Hj. Khadijah
Nama  Lengkap       : H.M.Zubaidi, S.Ag.M.Pd.I
Nama istri                :  Siti Zaenah
Anak
Nama       1. Niken Oktavia Zaedyna,
2.  Dwi Anggia Zaedyna. ……
3.  Davina Agustina Zaedyna

Bersama H.Zubaidi, S.Ag. M.Pd.I. kita selamatkan Generasi, selamatkan , Selamatkan NTB, Selamatkan Bangsa dan Negara ini.
Kepa Yth: Tokoh Agama. Tokoh Masyarakat, Tokoh, tokoh politik,  Pemuda, Para Budiman, Negarawan  dan Para pecinta negara dan bangsa serta cinta akan sebuah makna  persahabatan
assalamualaikum WR Wb.
salam sejahtera untuk kita semua
salam perubahan dan salam persahabatan,,,,...
apa kabar semua ........? semoga tetap tegar dalam membela yang benar......
semoga rahmat dan limpahan karunia Allah selalu tercurahkan untuk kita semua….amieen …..3x ya Robbal ‘aalamien , semoga limpahan karunianya memberikan kita kecendrungan untuk cinta dan sayang terhadap sesama agar kita dapat bersama-sama membangun daerah provinsi NTB ini.
dengan segala kerendahan hati, saya secara pribadi maupun dalam kapasitas sebagai  calon anggota DPRRI  mengucapkan salam hormat dan terima kasih yang mendalam atas telah di bacanya tulisan  ini semoga ini bisa menjadi pintu komonikasi kita agar dapat bersama-sama menata dan berjuang untuk kepentingan agama, masyarakat, bangsa dan negara dan secara khusus daerah  NTB yang kita cintai ini.
sungguh merupakan sebuah kehormatan yang saya syukuri sekaligus misi mulya yang sangat berat bagi saya saat menerima amanah  dari partai kebangkitan bangsa(PKB) untuk mencalonkan diri  sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRRI) melalui daerah pemilihan NTB, yang meliputi 9 kabupaten kota, beratnya amanah ini bukan karena tingginya tingkat persaingan atara cikal bakal calon... melainkan karena carut marutnya daerah kita yang harus segra kita urai dan benahi , sehingga sungguh kita sangat membutuhkan kebersamaan dalam membangun visi dan faltform gerakan - agar kedepan tingkat kepercayaan masyarakatyang saat ini sedang menurun akibat kekeliuruan-kekeliruan bahkan tindakan-tindakan amoral ....(korupsi. Kolusi, Nepotisme) yang masih meraja lela dalam penyelenggaraan pemerintahann ini dapat pulih kembali......
melalui goresan jari-jemari saya  ini izinkan saya memohon doa restu nasehat, saran dan bahkan kritik serta dukungan agar segala niat tulus serta tekad pengabdian saya agar masyarakat memiliki dasar memilih wakilnya, sekaligus merubah pola pikir masyarakat yang selama ini tidak memiliki dasar untuk menentukan wakilnya di parlemen, seperti yang sering kita jumpai  masyrakat sering memilih karena semen, uang, atau bahkan mie..tanpa berfikir bagaimana nasibnya selama lima tahun kedepan.
 untuk itu mari kita bersama-sama dan bersatu memenangkan kompetisi yang sehat, demokratis, berkwalitas dan bermoral dalam PEMILU  2014 mendatang dapat terwujud, sehingga kemenanga itu menjadi sebuah visi-misi dan kemenangan bersama bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya daerah Nusa tenggara Barat dalam membuka pintu komonikasi  Rakyat-Pemerintah yang responsive dan terbuka demi tercapainya kehidupan berbangsa dan bernegara yang bersatu untuk membangun dengan semangat kesetaraan.
Peran saudaraku yang menjadi pemimpin, tokoh agama,tokoh masyarakat, dan masyarakat secara keseluruhan sebagai pemangku kedaulatan menentukan arah,tujuan, serta  pilihan yang amat penting demi menyelamatkan masa depannegra yang kta cintai ini khususnya daerah  NTB. ini  Saya sungguh memohon doa, saran pemikiran cerdas, serta kritik dan nasehat saudara-saudarak, sahabat-sahabatku, orang tuaku dan segenap keluarga besar  masyarakat NTB khususnya.....Wallahulmuafiq ila aqwamitthariq wassslam wr wb..... salam sejahrtera untuk kita semua salam perrsahabatan………....Top of Form

Pilih untuk Peruban Centang untuk memenagkan
Salam hormat
Ttd
H.M.ZUBAIDI,S.Ag.M.Pd.I
Caleg DPRRI  2014  Partai PKB
Partai kebangkitan Bangsa…… ……..             

NB...... lima menit dalam bilk suara salah menentukan sikap ,,,,,,,,.......// maka akan terjadi kesalahan dan kesengsaraaan selama lima tahun................!!!!!!