Pengantar Ulumul !uran
Kode : #Q(!(&,
Pokok-pokok Materi :
,.
Pengertian #lumul Quran
%.
*bjek Pembahasan #lumul-Quran
..
Sejarah & Perkembangan #lumul Quran
#.
PENGERTIAN ULUMUL !URAN
Kata u`lum jamak
dari kata i`lmu.
i`lmu berarti al-fahmu wal
idraak (faham dan
menguasai). Kemudian arti kata ini berubah
menjadi permasalahan yang beraneka ragam yang
disusun secara ilmiah.
adi, yang dimaksud
dengan u`luumul qu`ran
ialah ilmu yang
membahas masalah-masalah yang
berhubungan dengan !l-Quran dari segi asbaabu nuzuul."sebab-sebab turunnya
al-qur`an", pengumpulan
dan penertiban Qur`an,
pengetahuan tentang surah-surah
Mekah
dan Madinah,!n-"asikh wal mansukh,
!l-Muhkam wal Mutasyaabih dan lain sebagainya yang
berhubungan dengan Qur`an.
Terkadang ilmu ini
dinamakan juga ushuulu
tafsir (dasar-dasar tafsir)
karena yang
dibahas
berkaitan dengan beberapa
masalah yang harus
diketahui oleh seorang
Mufassir
sebagai sandaran dalam menafsirkan Qur`an
.
&.
OBJEK PEMBAHASAN ULUMUL !URAN
*bjek Pembahasan #lumul Qur'an dibagi menjadi
tiga bagian besar :
a.
Sejarah & Perkembangan Ulumul Qur'an ,
meliputi : sejarah rintisan ulumul quran di
masa Rasulullah S!W, Sahabat, Tabi'in, dan
perkembangan
selanjutnya lengkap dengan
nama-nama ulama dan
karangannya di
bidang ulumul quran di setiap zaman dan
tempat.
b.
Pengetahuan tentang Al-Quran .
Meliputi
: Makna Quran,
Karakteristik !l-Quran, "ama-nama al-Quran,
Wahyu,
Turunnya !l-Quran, !yat Mekkah dan Madinah,
!sbabun "uzul, dst.
c.
Metodologi Penafsiran Al-Quran
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
Meliputi
: Pengertian Tafsir
& Takwil, Syarat-syarat
Mufassir dan !dab-adabnya,
Sejarah
& Perkembangan ilmu
tafsir, Kaidah-kaidah dalam
penafsiran !l-Quran,
Muhkam & Mutasyabih, !am & Khoos,
"asikh wa Mansukh, dst.
'.
SEJARAH & PERKEMBANGAN ULUMUL !URAN :
Sejarah
perkembangan ulumul quran
dimulai menjadi beberapa
fase, dimana tiap-tiap
fase
menjadi
dasar bagi perkembangan
menuju fase selanjutnya,
hingga ulumul quran
menjadi
sebuah
ilmu khusus yang dipelajari dan
dibahas secara khusus
pula. Berikut beberapa
fase (
tahapan perkembangan ulumul quran.
A.
ULUMUL !URAN pada MASA RASULULLAH SAW
Embrio
awal ulumul quran
pada masa ini
berupa penafsiran ayat
!l-Quran langsung dari
Rasulullah
S!W kepada para
sahabat, begitu pula
dengan antusiasime para
sahabat dalam
bertanya tentang makna suatu ayat,
menghafalkan dan mempelajari hukum-hukumnya.
a.
Rasulullah S!W menafsirkan kepada sahabat beberapa ayat.
Dari
#qbah bin !mir
ia berkata :
" aku pernah mendengar
Rasulullah SAW berkata
diatas
mimbar, "dan siapkan
untuk menghadapi mereka
kekuatan yang kamu
sanggupi )Anfal *+, -, ingatlah bahwa kekuatan
disini adalah memanah" ()R Muslim)
b.
!ntusiasme sahabat dalam menghafal dan mempelajari !l-Quran.
Diriwayatkan
dari !bu !bdurrrahman
as-sulami, ia mengatakan
: " mereka yang
membacakan qur'an kepada kami, seperti Ustman
bin Affan dan Abdullah bin Mas'ud
serta
yang lain menceritakan,
bahwa mereka bila
belajar dari Nabi
sepuluh ayat
mereka
tidak melanjutkannya, sebelum
mengamalkan ilmu dan
amal yang ada
didalamnya,
mereka berkata 'kami
mempelajari qur'an berikut
ilmu dan amalnya
sekaligus.'"
c.
Larangan Rasulullah S!W
untuk menulis selain
qur'an, sebagai upaya
menjaga
kemurnian !lQuran.
Dari
!bu Saad al-
Khudri, bahwa Rasulullah
S!W berkata: Janganlah kamu
tulis dari
aku; barang siapa menuliskan aku selain
qur'an, hendaklah dihapus. Dan ceritakan apa
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
yang dariku, dan itu tiada halangan baginya,
dan barang siapa sengaja berdusta atas
namaku, ia akan menempati tempatnya di api
neraka."()R Muslim)
B.
ULUMUL !URAN MASA KHALIFAH
Pada
masa khalifah, tahapan
perkembangan awal (embrio)
ulumul quran mulai
berkembang
pesat, diantaranya dengan kebijakan-kebijakan
para khalifah sebagaimana berikut :
a.
Khalifah Abu Bakar
:dengan Kebijakan Pengumpulan(Penulisan !l-Quran yg pertama
yang diprakarsai oleh #mar bin Khottob dan
dipegang oleh Zaid bin Tsabit
b.
Kekhalifahan Usman Ra
: dengan kebijakan
menyatukan kaum muslimin
pada satu
mushaf, dan hal itupun terlaksana. Mushaf itu
disebut mushaf $mam. Salinan-salinan
mushaf
ini juga dikirimkan
ke beberapa propinsi.
Penulisan mushaf tersebut
dinamakan
ar-Rosmul '#smani yaitu
dinisbahkan kepada #sman,
dan ini dianggap
sebagai permulaan dari ilmu Rasmil
Qur'an.
c.
kekalifahan Ali Ra
*dengan kebijakan perintahnya
kepada !bu 'aswad
!d-Du'ali
meletakkan
kaidah-kaidah nahwu, cara
pengucapan yang tepat
dan baku dan
memberikan ketentuan harakat pada qur'an. $ni
juga disebut sebagai permulaan Ilmu
I'rabil Qur'an.
C.
ULUMUL !URAN MASA SAHABAT & TABI'IN
a.
Peranan Sahabat dalam Penafsiran Al-Quran & Tokoh-tokohnya
Para sahabat senantiasa
melanjutkan usaha mereka
dalam menyampaikan makna-makna
al-qur'an dan penafsiran
ayat-ayat yang berbeda
diantara mereka, sesuai
dengan
kemampuan
mereka yang berbeda-beda
dalam memahami dan karena adanya
perbedaan
lama
dan tidaknya mereka
hidup bersama Rasulullah
S!W , hal
demikian diteruskan oleh
murid-murid mereka , yaitu para tabi'in.
Diantara para Mufasir yang termashur dari para sahabat adalah:
,.
Empat orang Khalifah ( !bu Bakar, #mar, #tsman dan !li )
%.
$bnu Masud,
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
.. $bnu
!bbas,
-. #bai
bin Kaab,
D. Zaid
bin sabit,
E. !bu
Musa al-!sy'ari dan
F.
!bdullah bin Zubair.
Banyak riwayat mengenai tafsir yang diambil
dari !bdullah bin !bbas, !bdullah bin Masud dan
#bai
bin Kaab, dan
apa yang diriwayatkan
dari mereka tidak
berarti merupakan sudah
tafsir
Quran
yang sempurna. Tetapi
terbatas hanya pada makna
beberapa ayat dengan
penafsiran
apa yang masih samar dan penjelasan apa yang
masih global.
a.
Peranan Tabi'in dalam penafsiran
Al-Quran & Tokoh-tokohnya
Mengenai para
tabi'in, diantara mereka ada satu kelompok terkenal yang mengambil
ilmu
ini dari para
sahabat disamping mereka
sendiri bersungguh-sungguh atau
melakukan
ijtihad
dalam menafsirkan ayat.
Yang terkenal di
antara mereka ,
masing-masing sebagai
berikut :
,.
Murid $bnu !bbas
di Mekah yang
terkenal ialah, Sa'id
bin ubair, Mujahid,
'iKrimah
bekas sahaya ( maula ) $bnu !bbas, Tawus bin
kisan al Yamani dan '!ta' bin abu Rabah.
%.
Murid #bai bin
Kaab, di Madinah
: Zaid bin
!slam, abul !liyah,
dan Muhammad bin
Ka'b al Qurazi.
..
!bdullah bin Masud di $raq yang terkenal : '!lqamah bin Qais, Masruq al !swad bin
Yazid, '!mir as Sya'bi, )asan !l Basyri dan
Qatadah bin Di'amah as Sadusi.
Dan
yang diriwayatkan mereka
itu semua meliputi
ilmu tafsir, ilmu
Gharibil Qur'an,
ilmu !sbabun "uzul, ilmu Makki Wal madani
dan imu "asikh dan Mansukh, tetapi semua ini
tetap didasarkan pada riwayat dengan cara
didiktekan.
D. MASA
PEMBUKUAN "TADWIN$
Perkembangan selanjutnya dalam ulumul quran
adalah masa pembukuan ulumul Quran , yang
juga melewati beberapa perkembangan sebagai
berikut :
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
a.
Pembukuan Tafsir Al-!uran menurut riwayat dari Hadits, Sahabat &
Tabi'in
Pada abad kedua
hijri tiba masa
pembukuan ( tadwin
) yang dumulai
dengan
pembukuan hadist denga segala babnya yang
bermacam-macam, dan itu juga menyangkut hal
yang
berhubungan dengan tafsir.
Maka sebagian ulama
membukukan tafsir Qur'an
yang
diriwayatkan dari Rasulullah S!W dari para
sahabat atau dari para tabi'in.
Diantara mereka yang
terkenal adalah, Yazid
bin )arun as
Sulami, ( wafat
,,F ) ),
Syu'bah bin )ajjaj ( wafat ,E& ) ), Waqi'
bin arrah ( wafat ,HF ) ), Sufyan bin
'uyainah ( wafat
,H' )), dan !burrazaq bin )ammam ( wafat ,,% )
).
Mereka semua adalah
para ahli hadis.
Sedang tafsir yang
mereka susun merupakan
salah satu bagiannya. "amun tafsir mereka
yang tertulis tidak ada yang sampai ketangan kita.
b.
Pembukuan Tafsir berdasarkan susunan Ayat
Kemudian langkah mereka itu diikuti oleh para ulama'. Mereka menyusun
tafsir Qur'an
yang
lebih sempurna berdasarkan
susunan ayat. Dan yang
terkenal diantara mereka
ada Ibn
Jarir at 5abari ) wafat 67, 8 -.
Demikianlah tafsir pada
mulanya dinukil (
dipindahkan ) melalui
penerimaan ( dari
muluit
kemulut ) dari
riwayat, kemudian dibukukan
sebagai salah satu
bagian hadis,
selanjutnya ditulis secara bebas dan mandiri.
Maka berlangsunglah proses kelahiran at Tafsir
bil Ma'sur ( berdasarkan riwayat ), lalu
diikuti oleh at Tafsir bir Ra'yi ( berdasarkan penalaran ).
c.
Munculnya Pembahasan Cabang-cabang Ulumul !uran selain Tafsir
Disamping ilmu tafsir lahir pula karangan yang berdiri sendiri mengenai
pokok-pokok
pembahasan
tertentu yang berhubungan
dengan quran, dan hal
ini sangat diperlukan
oleh
seorang mufasir, diantaranya :
7.
Ulama abad ke-6 8ijri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar