SILAHKAN ISI BUKU TAMU
BAGI TEMAN-TEMAN PENGUNJUNG MOHON UNTUK KLICK "JOINT THIS SITE" DAN BERGABUNG PADA BLOG

Rabu, 12 September 2012

Modul Ulumul Quran ma rroan uraara


Pengantar Ulumul !uran
Kode : #Q(!(&,
Pokok-pokok Materi :
,.  Pengertian #lumul Quran
%.  *bjek Pembahasan #lumul-Quran
..  Sejarah & Perkembangan #lumul Quran
#.  PENGERTIAN ULUMUL !URAN
  Kata  u`lum  jamak  dari  kata  i`lmu.  i`lmu  berarti al-fahmu  wal  idraak  (faham  dan
menguasai). Kemudian arti kata ini berubah menjadi permasalahan yang beraneka ragam yang
disusun secara ilmiah. 
   adi,  yang  dimaksud  dengan  u`luumul  qu`ran  ialah  ilmu  yang  membahas  masalah-masalah yang berhubungan dengan !l-Quran dari segi asbaabu nuzuul."sebab-sebab turunnya
al-qur`an",  pengumpulan  dan  penertiban  Qur`an,  pengetahuan  tentang  surah-surah  Mekah
dan Madinah,!n-"asikh wal mansukh, !l-Muhkam wal Mutasyaabih dan lain sebagainya yang
berhubungan dengan Qur`an.
  Terkadang  ilmu  ini  dinamakan  juga  ushuulu  tafsir  (dasar-dasar  tafsir)  karena  yang
dibahas  berkaitan  dengan  beberapa  masalah  yang  harus  diketahui  oleh  seorang  Mufassir
sebagai sandaran dalam menafsirkan Qur`an . 
&.  OBJEK PEMBAHASAN ULUMUL !URAN
*bjek Pembahasan #lumul Qur'an dibagi menjadi tiga bagian besar :
a.  Sejarah & Perkembangan Ulumul Qur'an ,
meliputi : sejarah rintisan ulumul quran di masa Rasulullah S!W, Sahabat, Tabi'in, dan
perkembangan  selanjutnya  lengkap  dengan  nama-nama  ulama  dan  karangannya  di
bidang ulumul quran di setiap zaman dan tempat.
b.  Pengetahuan tentang Al-Quran .
Meliputi  :  Makna  Quran,  Karakteristik  !l-Quran,  "ama-nama  al-Quran,  Wahyu,
Turunnya !l-Quran, !yat Mekkah dan Madinah, !sbabun "uzul, dst.
c.  Metodologi Penafsiran Al-Quran
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
Meliputi  :  Pengertian  Tafsir  &  Takwil,  Syarat-syarat  Mufassir  dan  !dab-adabnya,
Sejarah  &  Perkembangan  ilmu  tafsir,  Kaidah-kaidah  dalam  penafsiran  !l-Quran,
Muhkam & Mutasyabih, !am & Khoos, "asikh wa Mansukh, dst.
'.  SEJARAH & PERKEMBANGAN ULUMUL !URAN :
Sejarah  perkembangan  ulumul  quran  dimulai  menjadi  beberapa  fase,  dimana  tiap-tiap  fase
menjadi  dasar  bagi  perkembangan  menuju  fase  selanjutnya,  hingga  ulumul  quran  menjadi
sebuah  ilmu  khusus  yang dipelajari  dan  dibahas  secara  khusus  pula.  Berikut  beberapa  fase (
tahapan perkembangan ulumul quran.
A.  ULUMUL !URAN pada MASA RASULULLAH SAW   
Embrio  awal  ulumul  quran  pada  masa  ini  berupa  penafsiran  ayat  !l-Quran  langsung  dari
Rasulullah  S!W  kepada  para  sahabat,  begitu  pula  dengan  antusiasime  para  sahabat  dalam
bertanya tentang makna suatu ayat, menghafalkan dan mempelajari hukum-hukumnya. 
a.  Rasulullah S!W menafsirkan kepada sahabat beberapa ayat.
Dari  #qbah  bin  !mir  ia  berkata  :  " aku  pernah  mendengar  Rasulullah  SAW  berkata
diatas  mimbar,  "dan  siapkan  untuk  menghadapi  mereka  kekuatan  yang  kamu
sanggupi )Anfal *+, -, ingatlah bahwa kekuatan disini adalah memanah" ()R Muslim)
b.  !ntusiasme sahabat dalam menghafal dan mempelajari !l-Quran. 
Diriwayatkan  dari  !bu  !bdurrrahman  as-sulami,  ia  mengatakan  :  " mereka  yang
membacakan qur'an kepada kami, seperti Ustman bin Affan dan Abdullah bin Mas'ud
serta  yang  lain  menceritakan,  bahwa  mereka  bila  belajar  dari  Nabi  sepuluh  ayat
mereka  tidak  melanjutkannya,  sebelum  mengamalkan  ilmu  dan  amal  yang  ada
didalamnya,  mereka  berkata  'kami  mempelajari  qur'an  berikut  ilmu  dan  amalnya
sekaligus.'" 
c.  Larangan  Rasulullah  S!W  untuk  menulis  selain  qur'an,  sebagai  upaya  menjaga
kemurnian !lQuran.
Dari  !bu  Saad  al-  Khudri,  bahwa  Rasulullah  S!W  berkata: Janganlah  kamu  tulis  dari
aku; barang siapa menuliskan aku selain qur'an, hendaklah dihapus. Dan ceritakan apa
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
yang dariku, dan itu tiada halangan baginya, dan barang siapa sengaja berdusta atas
namaku, ia akan menempati tempatnya di api neraka."()R Muslim)
B.  ULUMUL !URAN MASA KHALIFAH 
 Pada  masa  khalifah,  tahapan  perkembangan  awal  (embrio)  ulumul  quran  mulai  berkembang
pesat, diantaranya dengan kebijakan-kebijakan para khalifah sebagaimana berikut :
a.  Khalifah  Abu  Bakar  :dengan Kebijakan Pengumpulan(Penulisan !l-Quran yg pertama
yang diprakarsai oleh #mar bin Khottob dan dipegang oleh Zaid bin Tsabit
b.  Kekhalifahan  Usman  Ra  :  dengan  kebijakan  menyatukan  kaum  muslimin  pada  satu
mushaf, dan hal itupun terlaksana. Mushaf itu disebut mushaf $mam. Salinan-salinan
mushaf  ini  juga  dikirimkan  ke  beberapa  propinsi.  Penulisan  mushaf  tersebut
dinamakan  ar-Rosmul  '#smani  yaitu  dinisbahkan  kepada  #sman,  dan  ini  dianggap
sebagai permulaan dari ilmu Rasmil Qur'an. 
c.  kekalifahan  Ali  Ra  *dengan  kebijakan  perintahnya  kepada    !bu  'aswad  !d-Du'ali
meletakkan  kaidah-kaidah  nahwu,  cara  pengucapan  yang  tepat  dan  baku  dan
memberikan ketentuan harakat pada qur'an. $ni juga disebut sebagai permulaan Ilmu
I'rabil Qur'an. 
C.  ULUMUL !URAN MASA SAHABAT & TABI'IN
a.  Peranan Sahabat dalam Penafsiran Al-Quran & Tokoh-tokohnya
  Para  sahabat  senantiasa  melanjutkan  usaha  mereka  dalam  menyampaikan  makna-makna  al-qur'an  dan  penafsiran  ayat-ayat  yang  berbeda  diantara  mereka,  sesuai  dengan
kemampuan  mereka  yang  berbeda-beda  dalam  memahami  dan  karena  adanya  perbedaan
lama  dan  tidaknya  mereka  hidup  bersama  Rasulullah  S!W  ,  hal  demikian  diteruskan  oleh
murid-murid mereka , yaitu para tabi'in. 
  Diantara para Mufasir yang termashur dari para sahabat adalah: 
,.  Empat orang Khalifah ( !bu Bakar, #mar, #tsman dan !li )
%.   $bnu Masud, 
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
..  $bnu !bbas, 
-.  #bai bin Kaab, 
D.  Zaid bin sabit, 
E.  !bu Musa al-!sy'ari dan 
F.  !bdullah bin Zubair. 
Banyak riwayat mengenai tafsir yang diambil dari !bdullah bin !bbas, !bdullah bin Masud dan
#bai  bin  Kaab,  dan  apa  yang  diriwayatkan  dari  mereka  tidak  berarti  merupakan  sudah  tafsir
Quran  yang  sempurna.  Tetapi  terbatas  hanya  pada makna  beberapa  ayat  dengan  penafsiran
apa yang masih samar dan penjelasan apa yang masih global. 

a.       Peranan Tabi'in dalam penafsiran Al-Quran & Tokoh-tokohnya
Mengenai para tabi'in, diantara mereka ada satu kelompok terkenal yang mengambil
ilmu  ini  dari  para  sahabat  disamping  mereka  sendiri  bersungguh-sungguh  atau  melakukan
ijtihad  dalam  menafsirkan  ayat.  Yang  terkenal  di  antara  mereka  ,  masing-masing  sebagai
berikut :
,.  Murid  $bnu  !bbas  di  Mekah  yang  terkenal  ialah,  Sa'id  bin   ubair,  Mujahid,  'iKrimah
bekas sahaya ( maula ) $bnu !bbas, Tawus bin kisan al Yamani dan '!ta' bin abu Rabah. 
%.  Murid  #bai  bin  Kaab,  di  Madinah  :  Zaid  bin  !slam,  abul  !liyah,  dan  Muhammad  bin
Ka'b al Qurazi. 
..  !bdullah bin Masud di $raq yang terkenal :  '!lqamah bin Qais, Masruq al !swad bin
Yazid, '!mir as Sya'bi, )asan !l Basyri dan Qatadah bin Di'amah as Sadusi. 
Dan  yang  diriwayatkan  mereka  itu  semua  meliputi  ilmu  tafsir,  ilmu  Gharibil  Qur'an,
ilmu !sbabun "uzul, ilmu Makki Wal madani dan imu "asikh dan Mansukh, tetapi semua ini
tetap didasarkan pada riwayat dengan cara didiktekan. 
D.  MASA PEMBUKUAN "TADWIN$

Perkembangan selanjutnya dalam ulumul quran adalah masa pembukuan ulumul Quran , yang
juga melewati beberapa perkembangan sebagai berikut :
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
a.  Pembukuan Tafsir Al-!uran menurut riwayat dari Hadits, Sahabat & Tabi'in 
  Pada  abad  kedua  hijri  tiba  masa  pembukuan  (  tadwin  )  yang  dumulai  dengan
pembukuan hadist denga segala babnya yang bermacam-macam, dan itu juga menyangkut hal
yang  berhubungan  dengan  tafsir.  Maka  sebagian  ulama  membukukan  tafsir  Qur'an  yang
diriwayatkan dari Rasulullah S!W dari para sahabat atau dari para tabi'in. 
  Diantara  mereka  yang  terkenal  adalah,  Yazid  bin  )arun  as  Sulami,  (  wafat  ,,F  )  ),
Syu'bah bin )ajjaj ( wafat ,E& ) ), Waqi' bin  arrah ( wafat ,HF ) ), Sufyan bin 'uyainah ( wafat
,H' )), dan !burrazaq bin )ammam ( wafat ,,% ) ). 
  Mereka  semua  adalah  para  ahli  hadis.  Sedang  tafsir  yang  mereka  susun  merupakan
salah satu bagiannya. "amun tafsir mereka yang tertulis tidak ada yang sampai ketangan kita. 
b.  Pembukuan Tafsir berdasarkan susunan Ayat
  Kemudian langkah mereka itu diikuti oleh para ulama'. Mereka menyusun tafsir Qur'an
yang  lebih  sempurna  berdasarkan  susunan  ayat. Dan  yang  terkenal  diantara  mereka  ada Ibn
Jarir at 5abari ) wafat 67, 8 -. 
  Demikianlah  tafsir  pada  mulanya  dinukil  (  dipindahkan  )  melalui  penerimaan  (  dari
muluit  kemulut  )  dari  riwayat,  kemudian  dibukukan  sebagai  salah  satu  bagian  hadis,
selanjutnya ditulis secara bebas dan mandiri. Maka berlangsunglah proses kelahiran at Tafsir
bil Ma'sur ( berdasarkan riwayat ), lalu diikuti oleh at Tafsir bir Ra'yi ( berdasarkan penalaran ).
c.  Munculnya Pembahasan Cabang-cabang Ulumul !uran selain Tafsir 
  
  Disamping ilmu tafsir lahir pula karangan yang berdiri sendiri mengenai pokok-pokok
pembahasan  tertentu  yang  berhubungan  dengan  quran, dan  hal  ini  sangat  diperlukan  oleh
seorang mufasir, diantaranya :

7.  Ulama abad ke-6 8ijri 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar