♣ !li bin al Madini ( wafat %.- )
) guru Bukhari, menyusun karangannya mengenai
asbabun nuzul
♣ !bu '#baid al Qasim bin Salam (
wafat %%- ) ) menulis tentang "asikh Mansukh
dan qira'at.
♣ $bn Qutaibah ( wafat %FE ) )
menyusun tentang problemaIka Quran ( musykilatul
quran ).
9.
Ulama Abad Ke-: 8ijri
♣ Muhammad bin Khalaf bin
Marzaban ( wafat .&H ) ) menyusun al- 8awi fa 'Ulumil
Qur'an.
♣ !bu muhammad bin Qasim al
!nbari ( wafat FD, ) ) juga menulis tentang ilmu-ilmu qur'an.
♣ !bu Bakar !s Sijistani ( wafat
..& ) ) menyusun Garibul Qur'an.
♣ Muhammad bin
!li bin al-!dfawi
( wafat .'' ) )
menyusun al Istigna' fi
'Ulumil
Qur'an.
6.
Ulama Abad Ke-< dan setelahnya
♣ !bu Bakar al Baqalani ( wafat
-&. ) ) menyusun $'jazul Qur'an,
♣ !li bin $brahim bin Sa'id al
)uJ ( wafat -.& ) )menulis mengenai $'rabul Qur'an.
♣ !l Mawardi
( wafat -D&
) ) menegenai
tamsil-tamsil dalam Qur'an (
'!msalul
Qur'an ).
♣ !l $zz bin !bdussalam ( wafat
EE& ) ) tentang majaz dalam Qur'an.
♣ '!lamuddin !skhawi
( wafat E-.
) ) menulis
mengenai ilmu Qira'at
( cara
membaca Qur'an ) dan !qsamul Qur'an.
d.
Mulai pembukuan secara
khusus Ulumul !uran
dengan mengumpulkan cabang-cabangnya.
Pada masa sebelumnya,
ilmu-ilmu al-quran dengan
berbagai pembahasannya di tulis
secara khusus dan terserak, masing-masing
dengan judul kitab tersendiri. Kemudian, mulailah
masa
pengumpulan dan penulisan
ilmu-ilmu tersebut dalam
pembahasan khusus yang
lengkap,
yang dikenal kemudian
dengan #lumul Qur'an.
Di antara ulama-ulama
yang
menyusun secara khusus ulumul quran adalah
sebagai berikut :
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
,. !li bin
$brohim Said (..&
)) yang dikenal
dengan al Hufi dianggap
sebagai orang
pertama yang membukukan '#lumul Qur'an,
ilmu-ilmu Qur'an.
%.
$bnul auzi ( wafat DHF ) )
mengikuInya dengan menulis sebuah kitab berjudul fununul
Afnan fi 'Aja'ibi 'ulumil Qur'an.
..
Badruddin az-Zarkasyi ( wafat FH- ) ) menulis sebuah kitab lengkap
dengan judul Al-Burhan fii ulumilQur`an .
-.
alaluddin !l-Balqini (wafat '%- )) memberikan beberapa tambahan atas
!l-Burhan di
dalam kitabnya Mawaaqi`ul u`luum min
mawaaqi`innujuum.
<.
alaluddin !s-SuyuI (
wafat H,, )
) juga kemudian
menyusun sebuah kitab
yang
terkenal Al-Itqaan fii u`luumil qur`an.
Catatan
: kitab !l-Burhan
( Zarkasyi) dan
!l-$tqon ( !s-Suyuti)
hingga hari ini
masih dikenal
sebagai referensi induk ( terlengkap dalam
masalah #lumul Qur'an. Tidak ada peneliti tentang
ulumul quran, kecuali pasti akan banyak
menyandarkan tulisannya pada kedua kitab tersebut.
E.
ULUMUL !UR'AN MASA MODERN / KONTEMPORER
Sebagaimana pada periode
sebelumnya, perkembangan ulumul
quran pada masa
kontemporer ini juga berlanjut seputar
penulisan sebuah metode atau cabang ilmu !l-Quran
secara
khusus dan terpisah,
sebagaimana ada pula
yang kembali membali
menyusun atau
menyatukan cabang-cabang ulumul quran dalam
kitab tersendiri dengan penulisan yang lebih
sederhana dan sistematis dari kitab-kitab
klasik terdahulu.
Kitab
yang terbit membahas
khusus tentang cabang-cabang
ilmu !uran atau
pembahasan khusus tentang metode penafsiran
Al-!uran di antaranya :
a. Kitab i`jaazul quran yang ditulis oleh
Musthafa Shadiq !r-Rafi`i,
b.
Kitab !t-Tashwirul fanni fiil qu`an dan masyaahidul qiyaamah fil qur`an
oleh Sayyid
Qutb,
c.
Tarjamatul qur`an oleh
syaikh Muhammad Musthafa
!l-Maraghi yang salah
satu
pembahasannya ditulis oleh Muhibuddin
al-hatib,
d.
Masalatu tarjamatil qur`an Musthafa Sabri,
e.
!n-naba`ul adziim oleh DR Muhammad !bdullah Daraz dan
Modul Ulumul Quran ma rroan uraara
f. Muqaddimah tafsir Mahaasilu ta`wil oleh amaluddin !l-qasimi.
&.
Kitab yang membahas secara umum ulumul quran dengan sistematis,
diantaranya :
a. Syaikh
Thahir !l-jazaairy menyusun
sebuah kitab dengan
judul At-tibyaan fii
u`luumil qur`an.
b.
Syaikh Muhammad !li Salamah menulis pula Manhajul furqan fii u`luumil
qur`an
yang
berisi pembahasan yang
sudah ditentukan untuk fakultas ushuluddin
di
Mesir
dengan spesialisasi da`wah
dan bimbingan masyarakat
dan diikuti oleh
muridnya,
c.
Muhammad !bdul a`dzim az-zarqani yang menyusun Manaahilul i`rfaan fii
u`lumil
qur`an.
d.
Syaikh !hmad !li
menulis muzakkiraat u`lumil qur`an
yang disampaikan kepada
mahasiswanya di fakultas ushuluddin jurusan
dakwah dan bimbingan masyarakat.
e.
Kitab Mahaabisu fii u`lumil qur`an oleh DR Subhi !s-Shalih.
Pembahasan tersebut dikenal dengan sebutan
u`luumul qur`an, dan kata ini kini telah menjadi
istilah atau nama khusus bagi ilmu-ilmu tersebut.
Catatan
: Kitab Mabahitsul Quran yang ditulis Manna'ul Qattan ini juga termasuk kitab
ulumul
quran
kontemporer yang banyak
mendapat sambutan di universitas-universitas di
Timur
Tengah
dan Dunia $slam
pada umumnya. Kitab
ini juga dijadikan
modul untuk perkuliahan
#lumul Quran semester , di #niversitas
$nternaIonal !frika, Khartoum Sudan, sebagai Mata
Kuliah #mum untuk semua mahasiswa di berbagai
jurusannya.
Modul
Ulumul Quran ma rroan uraara
Tentang
Al-!uran
Kode : #Q(!(&%
Pokok-pokok Materi
,.
Pengertian( Definisi !l-Quran
%.
"ama dan Sifat !l-Quran
..
Perbedaan !l-Quran dengan )adits "abawi dan Qudsi
-.
Karakteristik !l-Quran
#.
PENGERTIAN / DEFINISI AL-!URAN
Pengertian
!l-Quran meliputi dua
hal, yaitu secara bahasa
dan secara istilah,
masing-masing
sbb :
a.
Pengertian Al-Quran secara bahasa
Lafadzh Qara`a mempunyai arti mengumpulkan dan menghimpun, dan qira`ah
berarti
menghimpun
huruf-huruf dan kata-kata
satu dengan yang
lain dalam suatu
ucapan yang
tersusun
rapih. Qur`an pada
mulanya seperti qira`ah , yaitu
masdar (infinitif) dari kata qara`
qira`atan, qur`anan. Sebagaimana dalam firman
!llah SWT :
ِArtinya : "Sesungguhnya atas
tanggungan Kamilah mengumpulkannya dan
membacanya.
Apabila
Kami telah selesai
membacakannya maka ikutilah
bacaannya itu`. (Al;-iyaQur`anah berarti qiraatun
(bacaannya/cara ebacanya@. Jadi kata itu adala asdar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar